Beritajurnal.id

Jalur Pogajih - Kesamben Diterjang Banjir dan Longsor, Dua KA Terlambat Masuk Madiun

Tim KAI mengevakuasi jalur Pogajih - Kesamben yang sempat diterjang banjir dan longsor

BERITA JURNAL, MADIUN - Hujan deras yang terjadi di wilayah Surabaya, Sabtu (30/11/2024) mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik salah satunya di jalur Kereta Api (KA) petak jalan Pogajih - Kesamben, Daerah Operasi (Daop 8) Surabaya. PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan pembatasan kecepatan untuk memastikan keselamatan operasional.

Menurut keterangan Manager Humas Daop 7 Madiun, Kuswardojo, gangguan banjir dan longsor di wilayah Daop 8 sempat menyebabkan beberapa perjalanan kereta api mengalami keterlambatan kedatangan di Daop 7. Meski jalur sudah dapat dilalui kembali namun dua KA mengalami keterlambatan tiba di Stasiun Besar Madiun.

"KA 153A (Malioboro Ekspres) relasi Malang – Purwokerto, mengalami keterlambatan 340 menit, dan KA 215 (Majapahit) relasi Malang – Pasar Senen, terlambatan 385 menit," ujar Manager Humas Daop 7 Madiun, Minggu (1/12/2024).

Koeswardojo, mengatakantim PT KAI bergerak cepat menangani gangguan  tersebut akibat bencana banjir dan longsor dengan melakukan perbaikan darurat sepanjang malam sehingga jalur dapat kembali digunakan dengan aman. Hingga saat tim masih melakukan pemantauan jalur untuk memastikan keselamatan dan  perjalanan KA aman.

Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan akibat situasi ini. Jalur telah kembali dapat dilalui sejak pukul 03.05 WIB, dan kami memastikan keselamatan tetap menjadi prioritas utama," kata Koeswardojo.

Sebagai bentuk tanggung jawab, PT KAI menyediakan layanan service recovery bagi pelanggan yang terdampak keterlambatan perjalanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, meliputi pemberian minuman, makanan ringan, atau makanan berat, tergantung durasi keterlambatan.

"Kami juga mempersilahkan bagi Penggunajasa KA yang terdampak yang ingin melakukan pembatalan perjalanannya dapat melakukan pembatalan dengan 100% pengembalian dari harga tiket tertera," terangnya.

Untuk informasi, masyarakat dan pelanggan KA bisa memantau perkembangan terkini perjalanan KA yang terdampak keterlambatan perjalanan melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi kai.id, atau dengan menghubungi Contact Center 121.

"Semoga masyarakat maklum dan terima kasih atas kesabaran pelanggan bersedia menunggu selama penanganan gangguan. Kami tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik dan berharap perjalanan kereta api segera kembali normal," tandasnya.(lem)
Lebih baru Lebih lama