Beritajurnal.id

Sarasehan Polda Jatim, Kapolda Ajak Media Ciptakan Pilkada Aman dan Damai


BERITA JURNAL, MADIUN - Guna memperkuat sinergitas antara Polri dan media dalam menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 Polda Jatim menggelar Sarasehan bersama Wartawan dari wilayah Rayon 5 di Sun Hotel, Kota Madiun, Jawa Timur, Jum'at (4/10).

Sarasehan yang diikuti awak media yang bekerja di wilayah Rayon 5 meliputi Polres Madiun Kota, Polres Madiun,  Polres Magetan, Polres Ngawi, Polres Ponorogo,Polres Pacitan ditambah dari Polres Tulungagung dan Polres Trenggalek.

Kapolda Jatim melalui Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran media dalam menyukseskan Pemilu serentak 2024. Bahwa media memiliki tanggung jawab besar dalam menyebarkan informasi yang akurat, mendidik, serta membantu menjaga suasanw aman ditengah tensi politik.

“Sinergi antara kepolisian dan media sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat pada Pilkada 2024. Media memiliki kekuatan dalam membentuk opini publik, dan kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk mendukung kesuksesan Pemilu,” ujar Kombes Dirmanto.

Dalam kegiatan sarasehan tersebut diisi dengan pembacaan Deklarasi Aman dan Damai Pilkada 2024 oleh perwakilan awak media dilanjutkan dengan penandatanganan simbolis yang dilakukan oleh beberapa tokoh penting sebagai bentuk komitmen bersama untuk menjaga suasana kondusif selama Pilkada.

Hadir pula dalam acara ini Nur Salam, selaku Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, yang berbicara tentang pentingnya peran media dalam menyosialisasikan tahapan-tahapan Pemilu kepada masyarakat, serta memberikan edukasi terkait pentingnya partisipasi pemilih dalam pesta demokrasi.

Sementara Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang di wakili oleh Machmud Suhermono memberikan pandangannya terkait pentingnya profesionalisme media dalam memberitakan isu-isu politik, khususnya terkait Pilkada, guna menjaga netralitas dan independensi dalam penyampaian informasi.

Sarasehan ini diharapkan mampu memperkuat kolaborasi antara Polda Jatim dan awak media, menciptakan suasana yang aman dan tertib di tengah masyarakat menjelang Pilkada Serentak  2024 di wilayah Jawa Timur.(lem)
Lebih baru Lebih lama