Beritajurnal.id

Pj Wali Kota Madiun Sambut Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Panji Pataka Jer Basuki Mawa Beya tiba di Kota Madiun

BERITA JURNAL, MADIUN - Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto menyambut kedatangan kirap Pataka Jer Basuki Mawa Beya di halaman kantor Pemkot Madiun, Sabtu (5/10). Sambutan panji atau lambang daerah Provinsi Jawa Timur tersebut dikemas dalam upacara yang bertema "Sigap Pilkada Damai Jawa Timur Tahun 2024".

Eddy Supriyanto, mengatakan kirap bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya merupakan satu rangkaian kegiatan peringatan Ke - 79 hari jadi Provinsi Jawa Timur. Secara estafet panji Pataka dikirap keliling ke 38 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur.

"Dimana lambang Pataka Jer Basuki Mawa Beya dibawa tim kirap Kabupaten Madiun dan diserahkan ke Pemkot Madiun dan untuk selanjutnya besok akan kita kirap menuju Kabupaten Magetan," kata Eddy Supriyadi.

Menurutnya, kirap lambang Pataka tahun ini sangat istimewa karena betepatan dengan kegiatan Pilkada serentak tahun 2024. Sekaligus dalam kegiatanya sebagai sarana sosialisasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 27 November 2024.

"Tidak hanya sekedar kirap, tetapi juga selama kirap tim Pataka menyampaikan sosialisasi dan publikasi rangkaian kegiatan Pilkada serentak di Jawa Timur," ujarnya.

Lebih lanjut, Eddy Supriyanto, menyampaikan Makna dari kirap lambang Pataka Jer Basuki Mawa Beya ialah, untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi dan kerjasama antar instansi Pemda di Jawa Timur yang berjumlah 38 Kabupaten/Kota, KPU, Bawaslu, TNI dan Polri.

"Kirap dimulai dari kantor Sekretariat Daerah Jawa Timur. Secara estafet panji Pataka keliling menempung jarak 1.915 Kilometer yang Insyallah akan berakhir di Surabaya pada tanggal 11 Oktober 2024," terangnya.

Pj Wali Kota Madiun berharap dengan kegiatan kirap bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dapat berdampak positif dan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 berjalan aman dan kondusif.

Dalam kegiatan tersebut terdapat delapan bendera yang dikirap yakni, Bendera Merah Putih, Pataka Jer Basuki Mawa Beya, Pataka Satuan Polisi Pamong Praja (Praja Wibawa), Pataka Persatuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), Pataka Satuan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Yudha Brama Jaya).

"Serta Bendera logo hari jadi Ke - 79 Provinsi Jawa Timur dan Bendera lambang Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Madiun melaksanakan penyerahan dan pembacaan Ripka Prasasti dan potong tumpeng sebagai hadiah HUT Ke - 79 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Apel serah terima Pataka Jer Basuki Mawa Beya dihadiri perwakilan Forkopimda dan Kepala OPD Pemkot Madiun.(lem)
Lebih baru Lebih lama