Beritajurnal.id

KPU Kota Madiun Targetkan Tingkat Partisipasi Pada Pilkada Serentak Kota Madiun Capai 100 Persen

Sinergitas KPU Kota Madiun dengan awak media sangat penting sebagai sarana informasi dan edukasi Pilkada serentak Tahun 2024.(foto Edi geyol)


Beritajurnal.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024. Sebagai penyelenggara Pemilu, KPU memiliki kewajiban untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait tahapan Pilkada yang sebentar lagi akan digelar secara serentak di beberapa daerah di Indonesia.

Ketua KPU Kota Madiun, Pita Anjarsari mengatakan, media memiliki peran penting pada pelaksanaan Pilkada yang akan datang. Melalui media, masyarakat dapat mengakses informasi informasi kegiatan Pilkada mulai dari tingkat bawah hingga pusat, sehingga mampu meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilkada 2024.

"Untuk itu, sinergitas KPU dengan rekan rekan media sangat penting, karena melalui berita berita yang disampaikan melalui media mampu meningkatkan partisipasi masyarakat pada kegiatan Pilkada serentak Tahun 2024," kata Pita Anjarsari, Sabtu (13/7/2024).

Dalam hal ini, lanjut mantan anggota PPK Kecamatan Taman, Kota Madiun ini menyebutkan, KPU Kota Madiun berkomitmen akan menyediakan akses seluas luasnya kepada rekan rekan media untuk mendapatkan informasi yang akurat, berimbang dan transparan bersifat proposional seluruh tahapan Pilkada 2024 untuk disampaikan ke masyarakat.

"Targetnya, tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 bisa mencapai 100 persen. KPU juga akan melakukan sosialisasi secara masif dengan sasaran pemilih pemula, pemilih perempuan kelompok marjinal, disabilitas yang jumlahnya tidak sedikit," ujarnya.

Selain melalui media cetak dan media online untuk menjangkau pemilih pemula pada kegiatan Pilkada Tahun 2024, KPU Kota Madiun juga melakukan siaran melalui Radio Republik Indonesia (RRI)  serta menggunakan Media Sosial (Medsos) dan menghidupkan kembali website resmi milik KPU Kota Madiun sebagai sarana informasi dan edukasi.

"Dan Alhamdulillah untuk tahapan Pilkada serentak di Kota Madiun saat ini pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih sudah mencapai 82 persen. Mudah mudahan sebelum tanggal 24 Juli Coklit data sudah masuk 100 persen," terang Mbak Anjar, panggilan akrab Ketua KPU Kota Madiun.


Ketua KPU Kota Madiun targetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Madiun mencapai 100 persen.(foto edi geyol)


Dia, berharap sinergitas KPU Kota Madiun dengan insan pers dapat meningkatkan kontribusi dan partisipasi masyarakat pada Pilkada Kota Madiun. Untuk mendapatkan informasi layanan KPU selain dari madia, masyarakat juga dapat mengakses informasi kegiatan melalui Medsos dan website resmi KPU Kota Madiun.

"Dengan layanan yang kami sediakan juga sebagai edukasi tahapan Pilkada. Yang diharapkan pada hari H seluruh masyarakat Kota Madiun menggunakan hak pilhnya dengan memberikan kontribusi pada Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024," pungkasnya.(lem)
Lebih baru Lebih lama