Beritajurnal.id

59 KPM Desa Pulerejo Hari Ini Menerima BLT-DD Bulan Ke 5

59 KPM Desa Pulerejo menerima BLT-DD di balai desa.(foto Saliem)

Beritajurnal.id - Hari ini Kamis (26/5/2024) Pemerintahan Desa (Pemdes) Pulerejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bulan ke 5. 59 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) masing masing menerima BLT-DD sebesar 300 ribu rupiah.


Kepala Desa Pulerejo, Eko Yuli Aris Setiawan, mengatakan penyaluran BLT-DD hingga saat ini masih terus dilakukan untuk mbantu pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19 yang hingga saat ini dampaknya masih dirasakan sebagian masyarakat pada umumnya, khususnya warga desa Pulerejo.


"Menindak lanjuti program pemerintah untuk saat ini penyaluran BLT-DD di desa Pulerejo masih terus kita lakukan, untuk membantu pemulihan ekonomi dan masyarakat yang masih terdampak pandemi Covid - 19," kata Aris Setiawan, Kepala Desa Pulerejo.


Menurut Aris, BLT-DD yang diberikan pemerintah sangat efektif membantu meringankan beban warga masyarakat miskin ekstrim di Desa Pulerejo, dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari hari yang diberikan setiap satu bulan sekali.


"Kriterianya salah satunya warga miskin yang belum pernah menerima program bantuan dari pemerintah, lansia, warga yang belum mendapatkan pekerjaan. Dan jumlah penerimaan setiap bulan bisa berubah atau menyesuaikan sesuai data terbaru," ujar Aris.


Dilain pihak, Sekretaris Desa (Sekdes) Pulerejo, Kartini, menambahkan Penyaluran BLT-DD dilakukan sejak tahun 2019, merupakan program pemerintah memenuhi kebutuhan masyarakat saat pandemi Covid -19. Sumber anggaran diambilkan 25 persen dari Dana Desa per tahun.


"Pada bulan ke 5 ini berjumlah 59 KPM yang s dari 5 dusun di Desa Pulerejo. Jumlah KPM setiap penerimaan dapat berubah sesuai data terbaru hasil musyawarah atau yang diusulkan setiap RT," terang Kartini.


Sementara, salah satu KPM, Rosiyah, mengungkapkan merasa senang mendapat BLT-DD setiap bulan. Menurutnya program bantuan tersebut sangat membantu mencukupi kebutuhan sehari hari warga miskin. Apalagi dirinya yang hanya bekerja sebagai buruh tani.


"Senang sekali pak, bantuan ini dapat meringankan dan sangat membantu mencukupi kebutuhan sehari hari. Saya berharap bantuan ini bisa terus berlanjut dan tepat sasaran," tandasnya.(Lem)

Lebih baru Lebih lama