Beritajurnal.id

KAI Daop 7 Klaim Pelanggan Masa Angkutan Lebaran Naik 10 Persen

Dari tahun ke tahun jumlah pelanggan KA pada masa angkutan lebaran terus bertambah seiring meningkatnya kualitas pelayanan PT KAI (Persero) 

Beritajurnal.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun mencatat selama masa angkutan lebaran tahun 2024 mulai dari tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024,  telah melayani 207.317 pelanggan berangkat dan 217.772 pelanggan tiba.


Hal tersebut disampaikan Kepala PT KAI Daerah Operasi 7 Madiun, Mulyani, bahwa selama masa Lebaran 2024 tersebut, pelanggan yang naik di stasiun-stasiun wilayah Daop 7 Madiun rata-rata 9.423 pelanggan per hari.


"Jumlah tersebut meningkat 10% dibanding periode Lebaran 2023 dimana KAI melayani 187.897 pelanggan," kata Mulyani, Minggu (21/4/2024).


Menurutnya, meningkatnya jumlah pelanggan KA di Daop 7 pada masa angkutan lebaran tahun ini, tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi tim serta dukungan penuh dari stakeholder, selain pengaruh atau tingkat kepuasan masyarakat.


"Kami merasa bangga dapat melayani jumlah penumpang sebanyak ini dengan tingkat ketepatan waktu yang sangat tinggi," ujarnya.


Lebih lanjut Dia, menuturkan dalam memaksimalkan pelayanan selama angkutan lebaran dan mengantisipasi kenaikan ini, KAI Daop 7 Madiun menyiapkan sarana semaksimal mungkin dengan jumlah  73.927 tempat duduk di 4 kereta api reguler dan 1 kereta api tambahan.


“KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan kepada kami untuk bertransportasi di masa Lebaran ini. Sehingga angkutan lebaran ini secara umum berjalan dengan sukses, lancar dan terkendali,” ujar Mulyani.


Kepala KAI Daop 7 Madiun, mengungkapkan pada masa angkutan lebaran tahun ini tidak ada insiden kriminalitas di wilayah stasiun maupun di dalam KA berkat kerjasama dengan pihak keamanan, termasuk Polsuska, dan bantuan pengamanan dari TNI-Polri.


"Namun kami mendapati sejumlah barang tertinggal sebanyak 44 barang dengan nilai RP 90.610.000, dan mendapati  sejumlah 48 pelanggan yang mengalami sakit saat di perjalanan maupun stasiun," ungkapnya.


"KAI Daop 7 Madiun juga telah mengatisipasi hal tersebut dengan menyediakan layanan lost and found serta pelayanan kesehatan yang siap memberikan bantuan kepada  semua pelanggan jasa keretaapi," jelas Mulyani.


Diketahui, puncak kedatangan penumpang di Stasiun Wilayah Daop 7 Madiun pada periode lebaran 2024 terjadi pada Sabtu, 6 April 2024 sebanyak 12.896 pelanggan. Sedangkan puncak keberangkatan terjadi pada masa  arus balik di hari Senin, 15 April 2024 sebanyak 15.225 pelanggan.(lem)

Lebih baru Lebih lama