Beritajurnal.id

Forkopimda Kabupaten Madiun dan KPU Pantau Kesiapan Logistik Pemilu 2024

Kegiatan pemantauan kesiapan logistik Pemilu di Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, 12 Februari 2024.(foto Saliem)

Beritajurnal.id - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun bersama KPU dan Bawaslu melakukan pemantauan pendistribusian logistik Pemilu di Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Senin (12/2/2024).

Pejabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, mengatakan, pemantauan dilakukan untuk memastikan kesiapan Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) di Kabupaten Madiun termasuk keamanan logistik dan kesiap siagaan aparat keamanan.

"Keberhasilan Pemilu di Kecamatan Sawahan nantinya tidak lepas dari tingkat kehadiran masyarakat hadir ke TPS," kata Tontro.

Untuk itu, mantan Sekda Kabupaten Madiun itu, meminta kepada PPK untuk menyediakan fasilitas khusus untuk masyarakat berkebutuhan khusus dan Lanjut Usia (Lansia) yang nantinya akan dibantu oleh perangkat desa masing masing.

"Karena warga kita yang ikut Pemilu termasuk Lansia dan masyarakat berkebutuhan khusus. Jadi tolong nanti perangkat perangkat desa dapat membantu apabila ada warga usia lanjut kehadirannya di TPS," ujarnya.

Sementara, Kapolres Madiun Kota, AKBP Agus Dwi Suryanto, mengingatkan, dengan kondisi situasi cuaca tidak bisa di prediksi, dihimbau petugas melakukan antisipasi pengawasan dan pengamanan sedini mungkin untuk peralatan atau logistik pemilu aman hingga pendistribusian ke setiap TPS.

"Kerjasama Tiga Pilar dalam menjaga keamanan menjadi tanggung jawab bersama kelancaran Pemilu 2024 berjalan lancar, aman termasuk lokasi atau tempat pelaksanaan pencoblosan," terang Kapolres Madiun Kota.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0803 Madiun, Letkol Inf. Meina Hilmi, kesuksesan Pemilu 2024 menjadi tanggung jawab bersama. Mekanisme pendistribusian harus dihitung betul termasuk pengadaan armada pengangkut kotak surat suara.

'Kodim 0803 Madiun siap membantu pengamanan dengan menerjunkan personil secara optimal. Termasuk penebalan pasukan di jalur jalur tertentu," imbuh Letkol Inf. Meina Hilmi.

Pada kesempatan itu, Camat Sawahan, Muhammad Sholeh, menyampaikan bahwa jajaran Forpimcam Sawahan selama ini sudah melakukan koordinasi dengan petugas PPK terkait perkembangan sekecil apapun menjelang pelaksanaan kegiatan Pemilu.

"Prinsipnya kami bersama tiga pilar mendukung sepenuhnya kegiatan Pemilu hingga selesai dengan menyediakan beberapa fasilitas dan ruangan untuk logistik Pemilu," ungkap Camat Sawahan, Kabupaten Madiun.

Dipihak lain, Ketua Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Sawahan, Muhammad Hasyim Sabrowi, menuturkan, kesiapan PPK Sawahan dalam pelaksanaan Pemilu 2024 sudah mencapai 90%. Dia memastikan semua logistik Pemilu pada hari H pukul 05.00 WIB sudah berada di masing masing TPS.

"Insyallah pada tanggal 14 Februari 2024 semua logistik sudah siap di 27 TPS di Kecamatan Sawahan. Untuk distribusi logistik kita siapkan 2 kendaraan Truck dengan estimasi bantuan pengamanan dari TNI dan Polri," pungkasnya.(lem)
Lebih baru Lebih lama