Beritajurnal.id

Angkutan Nataru 2023 - 2024 KAI Daop 7 Madiun Klaim Pelanggan Naik 16%

Pres release angkutan Nataru 2023 - 2024 KAI Daop 7 Madiun, Selasa (9/1/2024)

Beritajurnal.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2023 - 2024 yang telah berlangsung selama 18 hari sejak 21 Desember 2023 - 7 Januari 2024.

Selama masa Nataru tersebut, KAI mengklaim telah melayani total 146.607 pelanggan KA yang berangkat dari Daop 7 Madiun dengan rata-rata 8.144 pelanggan per hari atau meningkat 16 % dibanding periode Nataru 2022/2023 yang hanya 126.416 pelanggan.

Wakil Kepala Daerah Operasi PT KAI Daop 7 Madiun, Irene Margareth Konstantine, menhatqkan, realisasi penumpang Daop 7 Madiun mulai tahun 2019 - 2020 hingga Nataru 2023 - 2024 terus mengalami peningkatan jumlah penumpang sebesar 2%.

"Pada Angkutan Nataru 2023 - 2024, KAI mencatat stasiun dengan penumpang naik tertinggi yaitu Stasiun Madiun 50.304, Stasiun Kediri 19.956 Stasiun Jombang 15.726, Stasiun Blitar 12.723, dan Stasiun Tulungagung 11.808," kata Irene Margareth, Selasa (9/1/2024).

Menurutnya, KAI Daop 7 Madiun bersama stakeholder terkait berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan pada masa angkutan Nataru satunya dengan menyiapkan bantuan petugas pengamanan dengan melibatkan TNI/Polri.

"Termasuk relawan petugas pokso dari Satgas Pramuka dan komunitas pecinta KA yang turut terjun langsung membantu pelayanan di stasiun, kereta atau seluruh jalur KA," terang Wakil Kadaop 7 Madiun, saat pers rilis penutupan Posko Nataru 2024 - 2024.

Lebih lanjut Margareth, mengungkapkan bahwa seluruh kelancaran operasional perjalanan KA di wilayah Daop 7 Madiun ini tidak lepas dari peran berbagai pihak yang telah mendukung pelaksanaan posko nataru 2023 - 2024.

"KAI mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pelanggan dan seluruh insan KAI beserta stakeholder yang terlibat aktif dalam posko angkutan Nataru 2023 - 2024 sehingga angkutan Nataru ini secara umum berjalan dengan lancar dan terkendali,” ungkapnya.

Dia, menambahkan puncak volume pelanggan pada periode Nataru 2023 - 2024 terjadi pada Selasa 26 Desember 2023 sebanyak 10.688 pelanggan. Adapun puncak masa tahun baru terjadi pada Senin, 1 Januari 2024 sebanyak 10.101 pelanggan.

Pencapaian positif karena ditunjang dari sisi ketepatan waktu atau On Time Performance keberangkatan kereta api mencapai 99,3% dan kedatangan kereta api mencapai 98,2%. Hal ini juga yang menjadikan pertimbangan utama masyarakat memilih moda transportasi kereta api.

"Di sisi kanal penjualan tiket, KAI mencatat transaksi penjualan tiket KA Jarak Jauh dan Lokal yang berangkat pada masa angkutan Nataru 2023 - 2024 didominasi melalui Access by KAI sebesar 65% dan melalui channel eksternal sebesar 27%," tambahnya Irene Margareth Konstantine.

Namun begitu, KAI akan melakukan evaluasi secara detail dan komprehensif, termasuk kepatuhan terhadap pelaksanaan budaya keselamatan serta aspek pelayanan, berkomitmen menciptakan inovasi dan membangun kereta api yang berkelanjutan sehingga tercapai visi KAI yakni ‘menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia.

"Dan menghadirkan berbagai inovasi ruang tunggu Luxury Lounge di Stasiun Kertosono, Madiun, Nganjuk, Kediri, Jombang, Tulungagung, dan Blitar. KAI juga memberikan apresiasi kepada pelanggan dengan menyelenggarakan program Snack for Kids, Free Merchandise, Kado Hari Ibu, dan Free Tumbler" tandasnya.

Hasil evaluasi ini kami harapkan dapat menjadi strategi pembelajaran yang sangat penting bagi KAI untuk mempersiapkan operasional KA sepanjang tahun 2024, khususnya menjelang angkutan lebaran Idul Fitri tahun 2024.(lem)
Lebih baru Lebih lama