Beritajurnal.id

Pastikan Libur Nataru Aman dan Lancar, Daop 7 Madiun Lakukan Tes Kesehatan dan Urin

Sejumlah petugas KA menjalani tes kesehatan dan urin dari Daop 7 dan BNN Kabupaten Nganjuk.(foto saliem)

Beritajurnal.id - Menjelang libur perayaan Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024 PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nganjuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masinis, asisten masinis dan petugas operasional kereta api lainya Daop 7 Madiun, Senin (18/12/2023).


Pemeriksaan kesehayqn dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan KA kepada para pelanggan KA, utamanya untuk angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan berlangsung selama 18 hari, mulai tanggal 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.


Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo, mengatakan pemeriksaan narkoba dilakulan kepada masinis, asisten masinis, kondektur, pjl, loket, pramugari kereta, k2 dan petugas operasional KA lainnya dilakukan secara mendadak di Stasiun Madiun.


“Selain itu, pemeriksaan narkoba ini juga dilakukan secara acak ke lokasi-lokasi di wilayah Daop 7 Madiun. Semisal di pintu perlintasan KA, UPT perawatan prasaran KA serta stasiun,” kata Kuswadojo, Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun.


Kuswadojo menyampai pemeriksaan tes narkoba dilakukan untuk memastikan petugas yang betul-betul dalam kondisi sehat sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani pelanggan secara langsung dan bentuk komitmen PT KAI dalam memberikan pelayanan perjalanan yang aman, lancar dan nyaman.


Dalam pelaksanaan tes narkoba petugas kesehatan dan BNN menggunakan alat tes urine dengan enam parameter untuk mengetahui kandungan Amphetamine (AMP), Morphin/Opiate (MOP), Mariyuana (THC), Cocaine (COC) Methaphetamine (MET) dan Benzodiazepine (BZD).


"Pemeriksaan tes narkoba hari ini akan dilakukan di dua lokasi, yaitu Crew KA Madiun dan Kertosono. Direncanakan sebanyak 150 pekerja akan menjalani tes narkoba," ujar Kuswadojo.


Dia, berharap dengan kegiatan tes kesehatan dan narkoba dapat meningkatkan pelayanan dan memastikan lingkungan PT KAI khsusunya para pekerja yang bertugas sebagai ASP dalam kondisi sehat dan bebas penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan obat terlarang.(lem)

Lebih baru Lebih lama