Beritajurnal.id

Jelang Libur Nataru Isu Pandemi Covid - 19 Meningkat, PT KAI (Persero) Siap Terapkan Kebijakan Pemerintah

Isu pandemi Covid - 19 Meningkat, KAI siap terapkan kebijakan Pemerintah.(foto istimewa)

Beritajurnal.id - Pandemi Covid - 19 kembali merebak. Jumlah kasus penderita yang terpapar secara umum di Indonesia kembali terus mengalami peningkatan. Meski, secara resmi pemerintah belum mengumumkan statusnya, namun masyarakat dihimbau untuk menjaga kesehatan dan kembali menggunakan masker.


"Termasuk mencuci tangan secara rutin memakai sabun bagi petugas PT KAI sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid - 19 dan memastikan seluruh petugas telah dilakukan Vaksinasi," kata Kuswardojo, Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun, Rabu (20/12/2023).


Lebih lanjut Kuswardojo, menyampaikan sebelum KA dioperasikan seluruh  sebelum kereta api beroperasi setiap hari eksterior maupun interior akan dicuci dengan bahan-bahan yang dapat membunuh kuman. Kemudian setelah KA selesai beroperasi kembali dilakukan fumigasi di tempat perawatan.


"Yang pasti KAI akan mendukung kebijakan pemerintah terkait perkembangan kasus Covid - 19 termasuk penerapan aturan untuk pelanggan KA" ujarnya.


Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun,. menuturkan, berdasarkan pantauan pada Rabu, 20 Desember 2023, tercatat penjualan tiket KA jarak jauh keberangkatan dari Daop 7 Madiun untuk arus mudik Natal per tanggal 21 sampai dengan 25 Desember 2023 telah mencapai 64 % atau 10.648 tiket dari tiket yang disediakan sebanyak 16.750 tiket.


"Dan untuk KA yang melintas dari Daop 7 Madiun telah terjual sebanyak 9110 tiket," ungkap Koswardojo.


Menurutnya, mendekati hari - H, penjualan tiket arus mudik dan balik terus berlangsung. Penjualan tiket tertinggi arus mudik Natal terjadi pada Jumat, (22/12/2023) sebanyak 2500 penumpang atau 75 % dari tiket yang disediakan. Sedangkan penjualan tiket tertinggi arus balik Natal sejauh ini terjadi pada Selasa (26/12) dengan jumlah 2062 penumpang atau 62% dari tiket yang disediakan.


PT KAI (Persero) mengimbau agar masyarakat segera merencakan jadwal perjalanannya dan memesan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya. Bagi calon pelanggan yang kehabisan tiket yang diinginkan, dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI.


"Fiturn yang dapat membantu memberikan alternatif info perjalanan kereta api dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," ungkapnya.


Dengan semangat melayani, seluruh insan KAI akan memaksimalkan kenyamanan pelanggan melalui kemudahan dan inovasi produk yang kami hadirkan. KAI juga berkomitmen bahwa keselamatan merupakan fokus utama selama periode Natal dan Tahun Baru,” pungkas Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun.(lem)

Lebih baru Lebih lama