Beritajurnal.id

Rail Clinic dan Rail Library, Layanan Gratis Peringatan HUT Ke - 78 KAI di Daop 7 Madiun

Pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama di Kereta Kesehatan atau Rail Clinic generasi ke-4, HUT ke - 78 KAI di Daop 7 Madiun

Beritajurnal.id - Layanan kesehatan kereta sehat (Rail Clinic) dan layanan kereta pustaka (Rail Library) kembali hadir di Madiun. Kegiatan pelayanan primer atau pelayanan tingkat pertama dibuka untuk masyarakat di Stasiun Caruban, Kabupaten Madiun, Selasa (26/9/2923).


Layanan Rail Clinic dan layanan Rail Library gratis yang dimulai sejak pukul 08.00 Wib, merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial HUT ke - 78 PT Kereta Api Indonesia (KAI) serta program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) KAI Daop 7 Madiun.


"Kita mengundang masyarakat, dalam kegiatan ini, akan mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama dengan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic generasi ke-4," ujar Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto.


26 siswa SD di Madiun mendapat alat bantuan penglihatan gratis 

Supriyanto, mengatakan pelayanan meliputi pemeriksaan Poli Umum, pemeriksaan Poli Gigi, pemeriksaan ibu hamil dan anak dengan menggunakan alat penunjang diagnistik USG dan pemeriksaan mata oleh refraksionis menggunakan alat penunjang diagnostik ARK.


"Pada kegiatan bakti sosial di Stasiun Caruban hari ini, KAI menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 3 dokter umum, 2 dokter gigi, 2 bidan, 2 apoteker, dan 8 paramedis," kata Supriyanto, kepada wartawan beritajurnal.id.


Dia, menyampaikan, dalam rangkain kegiatan HUT ke - 78 KAI di Stasiun Caruban, juga dilakukan pemberian Obat-obatan sesuai dengan resep dokter poli oleh Apoteker KAI, dan memberikan alat bantu penglihatan (kacamata) gratis untuk 26 siswa-siswi SDN Pandean 1 dan SDN Purwosari 1 Kabupaten Madiun.


Edukasi keselamatan perkerataapian wajib ditanamkan sejak dini untuk keselamatan bersama

"Juga tersedia layanan Rail Library atau kereta pustaka yang menyediakan ratusan buku bacaan, dan dilengkapi pula dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa 6 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, yang terkoneksi dengan internet," ungkapnya.


Dalam kegiatan Bakti Sosial ini, sebanyak  200 masyarakat yang hadir mendapat edukasi keamanan dan keselamatan perjalanan KA serta edukasi tentang perkerataapian untuk sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset KAI, khususnya bagi masyarakat yang tinggal berdekatan dengan Stasiun atau rel KA.


"KAI dalam kesempatan ini memberikan memberikan program tarif diskon 20 % tiket KA jarak jauh untuk kereta api komersial antar kota kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif. Berlaku untuk keberangkatan tanggal 26 hingga 28 September 2023," pungkas Manager Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto.(lem)

Lebih baru Lebih lama