Beritajurnal.id

Di Madiun Delegasi Kenya dan Banglades Belajar Pengendalian Kependudukan dan Reproduksi

Konferensi pers kunjungan delegasi Republik Kenya dan Banglades di Kota Madiun, Senin (18/9/2023)

Beritajurnal.id - Kota Madiun, Jawa Timur kembali menjadi pusat perhatian dunia internasional dan menjadi center of excellence (pusat keunggulan) keberhasilan program keluarga berencana (KB). Bahkan, Kota Madiun ditunjuk sebagai tuan rumah kunjungan kerja delegasi Kenya dan Bangladesh soal program KB dan kesehatan reproduksi.


Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) BKKBN RI, Prof. Drh. M.Rizal Martua Damanik, mengatakan dalam 3 atau 4 tahun dunia seluruh dunia termasuk Indonesia menghadapi tantangan persoalan Covid 19 yang berdampak pada seluruh aspek kebijakan pemerintah termasuk bidang kesehatan dan kependudukan.


"Dan Indonesia mendapat penghargaan tertinggi dunia dalam bidang Kependudukan yaitu The 2022 United Nations Population Award (UNPA) atau Penghargaan Dunia di Bidang Kependudukan tahun 2022," kata Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) BKKBN RI, saat menghadiri pembukaan kegiatan pelatihan delegasi dua negara tersebut di GCIO Diskominfo Kota Madiun, Senin (18/9/2023).


Menurut Rizal, kerja keras ditengah pandemi Covid 19 berhasil dengan baik tersebut tak lepas karena sinergi yang selama ini dibangun pemerintah pusat dan daerah dalam hal kesehatan reproduksi. Dan Indonesia menjadi salah satu center of excellence. Sedang di Jawa Timur, Kota Madiun sebagai salah satu center of excellence di bidang kesehatan BKKBN RI.


Sementara, Walikota Madiun, Maidi, menyampaikan kunker delegasi Kenya dan Bangladesh di Kota Madiun tidak hanya akan berdiskusi soal kesehatan, juga program pendidikan, isu sosial dan pengelolaan terutama potensi lokal yang ada di Kota Madiun termasuk mempersiapkan generasi unggul untuk menjalankan program di Kota Madiun.


"Tidak tertutup kemungkinan nanti akan terjalin kerjasama dengan negara lain di bidang kesehatan, tanaman sere pengusir nyamuk yang akan kita uji coba di setiap rumah sakit. Tapi nantilah setelah hasil diskusi nanti kita coba kerjasama apa yang bisa kita jalankan," ujar Maidi.

Ketua Delegasi Kenya Muhamed Abdikadir Syeich

Ketua Delegasi Kenya Muhamed Abdikadir Syeich, mengungkapkan Indonesia memiliki pusat keunggulan atau center of excellence di berbagai bidang, termasuk dalam program keluarga berencana dan keberhasilan Indonesia dalam pengendalian penduduk hingga Indonesia mendapat penghargaan tertinggi dunia bidang Kependudukan The 2022 United Nations Population Award (UNPA).


"Kenya datang bersama dengan delegasi di bidang terkait, ada dokter, perawat, kader di komunitas, ada dari program kependudukan dan delegasi dengan latar belakang terkait, untuk mempelajari KB pasca lahir," ujarnya saat konferensi pers di GCIO Diskominfo Kota Madiun.


Syeih, menuturkan melalui delegasi Kenya dan Bangladesh akan mempelajari program penurunan stunting yang dinilai sangat berhasil diterapkan di Kota Madiun, hasilnya, setelah dari Indonesia akan diserahkan untuk menjadi bahan diskusi prioritas yang nantinya bisa diterapkan di negara Kenya.


"Terima kasih yang sebesar-besarnya atas keramahtamahan Kota Madiun. Indonesia ini bangsa yang luar biasa. Mudah mudahan apa yang sudah kita kerjakan menjadi penguat kerjasama kedua negara," pungkas Muhamed Abdikadir Syeich.(lem)

Lebih baru Lebih lama