Beritajurnal.id

Lebih Mudah, Skema Uji Praktek SIM C Ukuran Sirkuit Lebih Lebar dan Pola Huruf S

Skema sirkuit pola huruf S pemohon lebih mudah dan nyaman mengikuti uji praktek SIM

Beritajurnal.id - Materi ujian praktek Surat Ijin Mengemudi ( SIM ) C untuk pengendara sepeda motor dengan pola huruf S diberlakukan secara serentak Korlantas Polri hari ini, Senin (7/8/2023). Sebelumnya lintasan uji praktek berbentuk angka 8 dan zik zak dihapus.


Kanit Regident Satlantas Polres Madiun, Iptu Achmad Ismail, mengatakan, di Polres Madiun mulai hari ini sudah memberlakukan lintasan uji praktek SIM C pola huruf S dengan jalur sirkuit sesuai arahan Korlantas Polri dan dilaksanakan secara serentak.


" Dengan model sirkuit dan pola huruf S ini, uji praktek SIM C lebih mudah dan pemohon dipastikan bisa lulus, " kata Iptu Achmad Ismail, Senin (7/8/2023).


Menurutnya, sebelum mamasuki tahapan materi uji praktek, pemohon diberi dua kali kesempatan atau mencoba lintasan baru tersebut. Bahkan, Satlantas memberi ruang untuk masyarakat belajar di sirkuit diluar jam kerja.


" Masyarakat bisa belajar dan mencoba praktek diluar jam kerja, sore hari atau pada hari libur misalnya. Kita memberi ruang biar masyarakat lebih paham dengan pola baru uji praktek SIM C, " ungkapnya.


Lebih lanjut, Achmad Ismail, menyampaikan selain perubahan pola angka 8 dan zik zak menjadi huruf S, juga terjadi perubahan lsirkuit uji SIM menjadi lebih lebar yang semula 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.


" Dan ini berlaku skala nasional dan berlaku mulai hari ini, " terangnya.


Dia, berharap, untuk masyarakat yang belum memiliki SIM C bisa segera membuat SIM dengan berbagai kemudahan dan perubahan pola materi uji praktek pola huruf S dan sirkuit yang lebih mudah.


" Karena SIM merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki saat berkendara di jalan raya. Juga sebagai salah satu syarat untuk mengeluarkan jasaraharja atau BPJS, " tandasnya.


Sementara salah satu warga, Difa Ayu Agustin (21) menuturkan, untuk sirkuit uji praktek SIM pola huruf S lebih mudah dari pada pola lama. Meski sempat gagal saat mencoba putaran pertama, pada putaran ke dua berhasil dengan mudah melintasi sirkuit baru di halaman belakang Mako Polres Madiun.


" Lebih gampang sich dari sebelumya, ya Alhamdulillah tadi mencoba dua kali, putaran pertama sempat gagal di latter S dan yang ke dua berhasil. Sangat mudah kok, " pungkas Difa Ayu Agustin.(lem)

Lebih baru Lebih lama