Beritajurnal.id

Kejadian Kebakaran Dijalur Kereta Api Dapat Mengganggu Pejalanan dan Keselamatan KA

Kebakaran lahan pertanian, sampah dan pembakaran liar di area jalur KA dapat membahayakan keselamatan perjalanan KA (foto Humas KAI Daop 7 Madiun)

Beritajurnal.id - PT KAI (Persero) Doap 7 Madiun mengeluarkan himbauan kepada masyarakat supaya tidak melakukan aktivitas pembakaran lahan di sekitar jalur kereta api yang dapat menimbulkan gangguan pada perjalanan KA dan hingga memicu timbulnya rawan kecelakaan di jalur kereta api.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto, mengatakan asap yang di timbulkan dari pembakaran dapat menghalangi pandangan Masinis KA dan dapat mengancam keselamatan perjalanan kereta api, mengingat BBM di lokomotif dan rangkaian kereta api serta barang muatan yang mudah terbakar.

"Seperti asap pembakaran sampah, ilalang, rumput maupun dahan padi bekas panen dapat mengganggu pandangan masinis yang bisa mengakibatkan gangguan perjalanan hingga terjadinya gangguan keselamatan perjalanan KA," kata Manager Humas Daop 7 Madiun.

Menurutnya, jika terjadi kebakaran yang berdekatan dengan jalur KA, Masinis akan mengurangi kecepatan kereta api bahkan berhenti, hingga dipastikan dampak kebakaran tidak akan menggangu rangkaian KA dan aman untuk melanjutkan perjalanan.

"KAI tidak membenarkan tindakan aktivitas pembakaran di lahan yang berdekatan dengan jalur KA, mengingat saat musim kemarau yang dibarengi dengan angin kencang akan sangat membahayakan bagi keselamatan perjalanan KA," tegas Supriyanto.

Dilaporkan, dalam 2 minggu di wilayah Daop 7 Madiun telah terjadi 3 kebakaran yang berdekatan dengan jalur kereta api. Penyebab terjadinya kebakaran dijalur KA antara lain membakar sampah ataupun ilalang hingga api mendekati jalur KA. Penyebab lainya bisa ditimbulkan dari pembuangan putung rokok dilahan kering yang mudah terbakar.

"Kejadian kebakaran yang dilaporkan terjadi pada tanggal 13 Agustus 2023 kebakaran rumput didekat  jalur KA antara Stasiun Sumobito - Kertosono, dan antara Stasiun Kedunggalar – Stasiun Walikukun pukul 15.10 WIB," ungkap Manager Humas KAI Daop 7 Madiun.

Kejadian kebakaran lainya dilaporkan pada hari Selasa, 15 Agustus 2023, pukul 16.29 WIB, di lokasi Km 137+9 s.d 138+0 antara Stasiun Bagor – Saradan aktifitas pembakaran lahan tanaman di dekat jalur KA, yang mengakibatkan KA angkutan BBM berhenti di jalur pada km 137+7 antara Stasiun Bagor – Saradan.(lem)
Lebih baru Lebih lama