Beritajurnal.id

Ini Bunda! Pemenang Lomba Kuliner Sehat Berbahan Lokal Kabupaten Madiun

Juara pertama lomba B2SA untuk Keluarga Sehat diraih oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Mejayan. (Humkab)

Beritajurnal - Pemkab Madiun melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan bersama Tim Penggerak PKK mengadakan lomba kuliner berbasis makanan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).

Lomba "B2SA untuk Keluarga Sehat" ini digelar sekaligus sebagai sosialisasi dalam upaya pencegahan stunting di Kabupaten Madiun.

Kegiatan lomba berlansung di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun dan dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Madiun, Ketua Bidang I TP PKK Kabupaten Madiun, serta anggota Tim Penggerak PKK dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Madiun.

Salah satu poin utama dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya konsumsi makanan B2SA dan merangsang kreativitas masyarakat dalam menciptakan menu keluarga yang sehat berbahan lokal.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun, Penta Ahmad, memberikan apresiasi kepada para kader PKK yang terlibat dalam lomba.

"Pokoknya saya acungin jempol luar biasa, ternyata kita itu punya kader-kader yang kreatif, inovatif, dan luar biasa tidak kalah dengan chef-chef yang ada di kota besar, "kata Penta Ahmad, Selasa (2/8/2023)

Lomba tersebut juga turut dihadiri oleh juri dari Ikatan Chef Association (ICA) Pawitandirogo, perwakilan Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun, dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kabupaten Madiun.

Selain lomba, kegiatan ini juga melibatkan sosialisasi pola konsumsi B2SA dengan tema "Cegah Stunting dan Konsumsi Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) Berbasis Bahan Lokal".

Kegiatan menghadirkan narasumber dari Poltekkes Surabaya, Nurul Handayani yang memberikan wawasan berharga seputar upaya mencegah stunting melalui konsumsi makanan yang tepat.

Berikut para pemenang lomba B2SA untuk Keluarga Sehat Kabupaten Madiun:

1. Juara pertama diraih oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Mejayan

2. Juara kedua Tim Penggerak PKK Kecamatan Dolopo sebagai juara kedua

3. Juara ketiga Tim Penggerak PKK Kecamatan Saradan

4. Juara harapan pertama Tim Penggerak PKK Kecamatan Wonoasri

5. Juara harapan kedua Tim Penggerak PKK Kecamatan Dagangan

6. Juara harapan ketiga Tim Penggerak PKK Kecamatan Gemarang.

Pemenang juara pertama, Sulastri, perwakilan Tim Penggerak PKK Kecamatan Mejayan, mengaku sangat bahagia bisa mendapatkan juara.

"Dari sini saya dapat pengalaman. Alhamdulillah, ini dua kali saya juara pertama. Terus dari tahun kemarin masih bisa bertahan. Terima kasih banyak untuk PKK, "ucapnya. (*/Tt/red)
Lebih baru Lebih lama