Beritajurnal.id

Pengamanan 1 Sura, Makam Digembok Warga Dihimbau Tidak Melaksanakan Ziarah

Kombes. Pol. Puji Santoso, makam di gembok, ziarah dilaksanakan bulan Agustus


Beritajurnal.id - Pengamanan malam 1 Sura di wilayah Madiun di perketat. Sejumlah titik rawan dan pintu masuk perbatasan di jaga petugas gabungan dari TNI, Polri dan Satgas perguruan pencak silat.


Pengamanan tersebut dilakukan sebagai antisipasi gangguan keamanan menjelang perayaan malam 1 Sura yang dilaksanakan Polres Madiun Kota untuk memberikan rasa aman kepada warga masyarakat.


" Yang mana pada malam 1 Sura ada beberapa kegiatan masyarakat yang harus di antisipasi supaya suasana Kamtibmas di wilayah Madiun Raya tetap kondusif, " ujar Karoops Polda Jatim, Kombes. Pol. Puji Santoso, Selasa ( 18/7/20203 ).


Karoops Polda Jatim, menuturkan, seperti pada tahun tahun sebelumnya, kegiatan masyarakat yang dilakukan ialah tirakatan yang dilakukan beberapa organisasi perguruan pencak silat sebagai agenda rutin tahunan.


" Salah satunya perguruan pencak silat PSHT yang malam ini akan melaksanakan tirakatan dan pengesahan warga baru di Padepokan jalan Merak, Kota Madiun, " tutur Kombes Pol. Puji Santoso.


Menurutnya, kegiatan sah sahan warga baru yang akan dilaksanakan besok ( Rabu 19/7 ) diprediksi akan dihadiri oleh warga dari daerah luar Madiun.


" Meski sudah disepakati bersama kegiatan sah sahan hanya khusus warga Kabupaten Madiun dan Madiun Kota. Namun demikian kita tetap antisipasi dengan melakukan penyekatan penyekatan di pintu masuk wilayah Madiun, " terangnya.


Selain penyekatan, warga perguruan silat dihimbau tidak melakukan ziarah ke makam pendiri, tokoh, dan sesepuh perguruan yang telah meninggal dunia di makamkan di Madiun.


Cek kesiapan 1500 personel gabungan Operasi Aman Sura 2023 di Alun Alun Kota Madiun


" Atas kesepakatan bersama, ziarah dilaksanakan di bulan Agustus. Untuk itu makam kita gembok untuk menghindari warga yang datang untuk melakukan ziarah, " ungkap Puji Santoso.


Sebelumnya, Koorps Polda Jatim bersama jajaran Forkopimda Kota Madiun dan Kabupaten Madiun melaksanakan apel gelar pasukan, dan cek kesiapan 1500 personil gabungan yang akan melaksanakan pengaman tirakatan 1 Sura dan pengesahan warga baru PSHT.(lem)

Lebih baru Lebih lama