Beritajurnal.id

Pemkab Tulungagung Terima Penghargaan Pembina Koperasi Andalan Dari Dewan Koperasi Indonesia

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo pada saat puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 yang diselenggarakan di Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (12/7/2023)

Beritajurnal.id - Pemerintah Kabupaten Tulungagung menerima penghargaan sebagai Pembina Koperasi Andalan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) atas peranya membangun koperasi di Kabupaten Tulungagung.

Penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo pada saat puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 yang diselenggarakan di Lapangan Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (12/7/2023) lalu.

Bupati Tulungagung, mengatakan, dengan penghargaan tersebut pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan terhadap koperasi di Kabupaten Tulungagung.

“Penghargaan ini tidak semata untuk saya pribadi, tetapi ini penghargaan untuk para penggerak koperasi, mulai dari unsur dinas, UMKM, juga masyarakat Kabupaten Tulungagung “kata Maryoto.

Dia, menyampaikan dari 1.439 jumlah koperasi di wilayahnya, sebanyak 772 koperasi merupakan koperasi aktif dan sehat, terbukti mampu memberikan kontribusi positif ke perekonomian daerah dan bertahan tumbuh di berbagai kondisi ekonomi nasional.

" Alasannya, kekuatan utama koperasi ada pada karakter gotong royong. Selama semangat gotong royong masih diutamakan, koperasi akan eksis dan bertumbuh untuk menopang ekonomi warga, " terangnya.

Dikutip dari AJT, Di Kabupaten Tulungagung Saat ini tercatat ada sekitar 24.000 UMKM. Keberadaannya tidak lepas dari koperasi sebagai penyokong.

“Koperasi sehat akan memberikan dampak besar pada ekonomi kita. Karena itu kita dorong perkembangan koperasi untuk memberi manfaat seluas-luasnya pada ekonomi masyarakat kita,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dekopin Sri Untari Bisowarno mengatakan, terdapat serangkaian agenda dalam perayaan HUT Koperasi di tahun 2023 ini. Seperti ziarah makam Bung Hatta, pameran hingga seminar.

Pihaknya berharap, puncak peringatan hari koperasi ini bisa menggaungkan semangat berkoperasi sebagai soko guru ekonomi nasional.

“Harapan kita, kita bersatu bersama-sama di Ibu Kota Jakarta ini adalah untuk menggaungkan semangat berkoperasi,” harapnya.

Puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 itu, di hadiri Wakil Ketua MPR sekaligus Penasehat Dekopin Fadel Muhammad, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Kepala BNPB Suharyanto.(wan)
Lebih baru Lebih lama