Beritajurnal.id

Bupati Madiun Membuka TMMD Ke 117 Tahun 2023 di Lapangan Kare

TMMD ke 117 TA 2023 Kodim 0803/Madiun Resmi Dibuka.

Beritajurnal.id – Pembukaan TNI Mangunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 TA 2023 Kodim 0803/Madiun dengan mengusung tema "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat" resmi dibuka. Pembukaan berlangsung di lapangan Gligi, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Rabu 12 Juli 2023.

Dalam sambutannya Bupati Madiun Ahmad Dawami menyebutkan bahwa TMMD adalah program terpadu yang dilaksanakan oleh seluruh personel TNI dari semua matra, dalam rangka membantu pemerintah. Baik sasaran fisik maupun non fisik TMMD bertujuan untuk memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka mewujudkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh guna kepentingan pertahanan negara.

Secara substansi, ada dua alasan pokok yang melatarbelakangi mengapa wilayah pedesaan khususnya Desa Kepel dan Desa Kare dipilih menjadi sasaran TMMD. Hal itu karena kondisi kedua desa utamanya Desa Kepel yang masih belum tersentuh pembangunan secara optimal. Juga karena faktor infrastruktur desa yang masih belum memadai, masih perlu diperbaiki, ditingkatkan, dan dikembangkan lebih lanjut.

"Dengan dibukanya jalan penghubung antara Desa Kare dan Desa Kepel, tentu akan berdampak positif pada semua sektor, salah satu bidang kesehatan dimana apabila terjadi emergency akan sangat membantu masyarakat. Hasil dari TMMD tentunya akan mempermudah akses dari wilayah yang sebelumnya harus memutar atau bahkan sebelumnya tidak bisa tembus, dengan kegiatan TMMD akan bisa tembus," kata Bupati.

Berangkat dari kondisi  itulah, TMMD ke 117 Kodim 0803/Madiun diharapkan bisa membantu masyarakat desa, agar lebih mudah mendapatkan akses peningkatan taraf hidup yang lebih layak dengan berbagai macam program pemberdayaan yang sudah dipilih dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat desa.

Sementara, Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Inf Meina Helmi, S.Sos., selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke 117 TA 2023 di wilayah Kabupaten Madiun menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan TMMD di Desa Kare dan Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

"Pada dasarnya tujuan TMMD ini adalah menyentuh daerah yang belum tersentuh. Dalam kegitan ini TMMD Ke 117 membentuk 1 SSK yang terdiri dari 150 personil dan melibatkan TNI AD, TNI AU dan TNI AL. TMMD ke 117 dibuka secara serentak oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada 12 Juli 2023, " punkas Letkol Inf Meina Helmi.(lem)
Lebih baru Lebih lama