Beritajurnal.id

Selesai Dibangun, Perbaikan Irigasi Dusun Panjen Bakal Aliri 45 Hektar Sawah

Proyek irigasi program P3TGAI Desa Pulerejo selesai dibangun untuk 45 hektar sawah produktif

Beritajurnal.id - Mendukung program kedaulatan pangan sebagai upaya peningkatan kemampuan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan inovasi irigasi melalui kegiatan Program Percepatan Peningkatan tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

P3TGAI sendiri merupakan kegiatan padat karya irigasi yang pekerjaannya meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi agar memperhatikan kebutuhan, kesulitan dan aspirasi laki-laki dan perempuan, lansia, disabilitasdan masyarakat berkebutuhan khusus.

Sementara di Desa Pulerejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun program P3TGAI dialokasikan untuk pembuatan saluran irigasi area persawahan Dusun Panjen yang meliputi kegiatan perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi.

Kepala Desa Pulerejo, Eko Yuli Aris Setiawan, mengatakan program P3TGAI merupakan suatu program yang banyak di rasakan oleh petani pemakai air, salah satunya para petani di wilayah Dusun Panjen yang pada tahun anggaran 2023 ini mendapatkan bantuan proyek irigasi.

"Dampak positif dari program ini (P3TGAI) sangat banyak khususnya di sektor pertanian, seperti memenuhi kebutuhan air bagi petani akan lebih lancar," kata Eko Yuli Aris Setiawan.

Dia, menyebutkan Proyek irigasi dengan volume 315,88 meter dikerjakan sejak bulan Mei 2023 dan rampung dikerjakan bulan Juni 2023. Saluran irigasi yang dibangun melalui program P3TGAI  diperkirakan mampu mengaliri 45 hektare sawah yang ada di Dusun Panjen.

"Mayoritas penduduk desa Pulerejo bekerja sebagai petani dan buruh tani. Di Kecamatan Pilangkenceng khususnya Desa Pulerejo merupakan salah satu daerah penghasil padi di Kabupaten  Madiun," ujarnya.

Kepala Desa Pulerejo yang juga mantan pentolan aktivis mahasiswa di Madiun ini berharap dengan adanya proyek irigasi dapat meningkatkan kualitas sektor pertanian untuk mencukupi kebutuhan ketahanan pangan di Kabupaten Madiun.

"Secara bertahap Pemerintah Desa Pulrejo akan melalukan pembangunan sarana dan prasarana jalan pertanian untuk mempermudah akses transportasi yang berdampak peningkatan ekonomi masyarakat," pungkas Aris.(lem)
Lebih baru Lebih lama