Beritajurnal.id

Pastikan Wilayah Aman dan Bebas Kriminal, Polres Blitar Gencar Lakukan Operasi 3P

    Petugas gabungan Polres Blitar datangi sekelompok remaja yang nongkrong di bulak

Beritajurnal.id - Sat Samapta dan Satlantas Polres Blitar melakukan Patroli Perintis Presisi (P3) menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Blitar, Rabu (21/6/2023) dini hari. Kegiatan P3 juga untuk memberikan rasa nyaman masyarakat dari tindak kriminal.

12 personel gabungan yang dipimpin langsung Kasat Samapta Polres Blitar, AKP Nanang Budiarto berpatroli  dengan sasaran orang atau kelompok kelompok yang kerap nongkrong di kawasan rawan.

Petugas gabungan Sat Samapta dan Satlantas Polres Blitar juga dengan menggunakan R2 dan R4 menyisir wilayah seperti, bulak sawah di Dusun Jingglong, Desa Kaweron, Kecamatan Talun, jalan persawahan tembus Wlingi, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Wlingi dan sepanjang Jalan Talun - Gandusari.

Kasi Humas Polres Blitar, IPTU Udiyono, menyampaikan, kegiatan P3 merupakan kegiatan untuk menjaga kondisifitas dan keamanan wilayah dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat beraktivitas.

"Hasil patroli akan dilaporkan secara berkala untuk segera ditindak lanjuti, terutama laporan hal hal yang mencurigakan," kata IPTU Udiyono, kepada media beritajurnal.id.

Selain itu, lanjut Kasi Humas Polres Blitar, kegiatan patroli dapat memberikan efek jera (show of force) terhadap para pelaku tindak kejahatan. Petugas patroli juga melaksanakan pemeriksaan kendaraan dan mendatangi beberapa remaja yang sedang nongkrong atau bergerombol.

"Langkah ini kita lakukan sebagai antisipasi tindak kriminal dan barang-barang terlarang seperti senjata tajam, narkoba, dan alat kejahatan lainnya," ujarnya.

Metodi yang digunakan dalam patroli ini adalah sambang, dialogis, dan hunting serya menjalin komunikasi secara dengan masyarakat sekaligus mengintensifkan pemantauan terhadap potensi gangguan kamtibmas.

Dia, menegaskan pelaksanakan patroli perintis presisi ini sebagai bentuk komitmen dalam memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat yang dilaksanakan secara rutin untuk menjaga situasi keamanan yang kondusif di wilayah hukum Polres Blitar.

"Hasil respons yang didapatkan dari obyek yang dikunjungi tim patroli adalah masyarakat merasa aman dengan kehadiran patroli perintis presisi ini," pungkasnya.(wan)
Lebih baru Lebih lama