Beritajurnal.id

Gotong Royong Itu Jati Diri dan Karakter Bangsa, Wajib Dipertahankan

Semangat gotong royong mampu meningkatkan perekonomian di masyarakat (foto dokumen beritajurnal.id)

Beritajurnal.id - Salah satu upaya menjaga kerukunan dan kegotong royongan wilayah hingga tingkat desa, Bupati Madiun mengajak seluruh elemen masyarakat ikut merasa memiliki  Kabupaten Madiun. Manakala kegotong royongan terjaga rasa kepedulian terhadap Kabupaten Madiun tetap tinggi.

Hal tersebut di katakan Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, pada kegiatan Puncak Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke - 20 Tahun 2023 di Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Senin (19/6/2023).

"Pastinya ketika rasa kepedulian masyarat terhadap wilayah tinggi akan terjadi perubahan situasi di masing masing lingkungan termasuk sektor pembangunan" kata Ahmad Dawami.

Dia, menyebutkan momen kegiatan BBGRM merupakan program strategis dalam mendorong kepedulian dan peran aktif masyarakat untuk terus membudayakan dan melestarikan semangat kegotongroyongan yang merupakan jati diri dan karakter bangsa Indonesia.

"Memupuk semangat gotong royong dengan melibatkan seluruh elemen mulai pemangku wilayah hingga masyarakat sangat penting dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi positif," ujarnya.

Jabaranya, lanjut Kaji Mbing, sapaan akrab Bupati Madiun, semua pejabat wajib peka terhadap isu wilayah dan turut terlibat langsung dalam setiap kegiatan di masyarakat baik fisik (pembangunan) maupun pemberdayaan.

"Salah satunya dengan program BBGRM ini merupakan upaya merawat dan menjaga kegotongroyongan setiap tahun dengan melibatkan seluruh pejabat Pemkab Madiun, TNI, Polri hingga lembaga desa dan masyarakat," ungkap Kaji Mbing.

Dalam kesempatan Bupati Madiun menyampaikan apresiasi dan memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh masyarakat dan Kepala Desa yang berhasil membangun kegotong royongan di berbagai bidang seperti, pertumbuhan UMKM, pengembangan pertanian dan pemberdayaan lingkungan lainya.

Orang nomor satu di Kabupaten Madiun bersama Kapolres Madiun yang di dampingi Sekretaris Daerah, pejabat utama Pemkab Madiun meninjau langsung lokasi kegiatan BBGRM bedah rumah milik warga Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari.

"Termasuk menikmati beberapa minuman dan buah produk UMKM dan menyapa masyarakat. Semoga dengan semangat kegotong royongan ini Kabupaten Madiun semakin maju," tungkasnya.(lem)
Lebih baru Lebih lama