Beritajurnal.id

Harga Pangan Di Pasar DKI Terus Merangkak Naik 12 Hari Jelang Lebaran

Harga Pangan Di Pasar DKI Terus Merangkak Naik 12 Hari Jelang Lebaran


Beritajurnal.id - Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional di Jakarta terus merangkak naik menjelang Idulfitri 2022.


Pasar Inpres Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Kamis (21/4) pagi, harga daging sapi naik Rp10 ribu dari Rp130 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp140 ribu.


Pedagang daging sapi di pasar tersebut Saiful (43) mengatakan kenaikan harga sudah terjadi sejak tiga hari lalu.


"Daging sapi sekarang Rp140 ribu, naik, sebelumnya Rp130 ribu. Naiknya sejak tiga hari belakangan," ujarnya.


Ia menuturkan kenaikan harga terjadi karena tingginya pesanan selama Ramadan. Karena kenaikan itu, ia memprediksi harga daging sapi bisa menyentuh Rp170 ribu hingga Rp180 ribu per kg pada H-2 dan H-1 Lebaran.


Selain daging sapi, daging ayam juga mengalami kenaikan dari yang sebelumnya Rp35 ribu per ekor menjadi Rp40 ribu sampai Rp50 ribu per ekor.


Kemudian, telur ayam juga mengalami kenaikan sejak tiga hari lalu dari yang semula Rp23 ribu menjadi Rp25 ribu per kg. Kenaikan daging dan telur ayam ini terjadi karena tingginya pesanan.


Harga cabai rawit merah juga naik. Namun harganya masih di batas wajar jika dibanding beberapa waktu lalu yang sempat tembus di atas Rp100 ribu per kg. Saat ini cabai rawit merah dihargai Rp30 ribu per kg, naik dari yang sebelumnya Rp25 ribu.


Parmi (52), pedagang bahan pokok di Pasar Inpres Pasar Minggu ini mengatakan harga cabai tergantung pada produksi pertanian. Jika hasilnya melimpah maka harga jualnya pun turun.


"Harga tidak menentu, sekarang lagi banyak, kalau pas murah Rp20 ribu. Paling mahal sempat Rp150 ribu karena kurang pasokan," ujarnya.


Sementara itu, untuk cabai rawit hijau naik dari Rp25 ribu menjadi Rp35 ribu per kg. Cabai merah keriting naik dari Rp20 ribu menjadi Rp35 ribu per kg.


Lalu, bawang merah naik dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kg. Sedangkan bawang putih naik dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu per kg. Gula putih naik dari Rp14 ribu menjadi Rp15 ribu per kg.


Sedangkan untuk harga tepung terigu kemasan masih stabil di angka Rp12 ribu hingga Rp13 ribu per kg. Harga beras juga masih stabil di angka Rp8.000 hingga Rp12 ribu per liter, bergantung merek.


Sementara itu, di Pasar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, harga daging ayam naik dari Rp40 ribu menjadi Rp55 ribu hingga Rp60 ribu per ekor.


Inem (60), penjual daging ayam di pasar tersebut mengatakan kenaikan harga sudah terjadi sejak sebelum Ramadan. Ia mengaku selain karena tingginya permintaan, peningkatan harga juga dipicu oleh kenaikan BBM jenis Pertamax.


"Memang dari sananya naik, dari BBM yang naik itu ngaruh juga karena itu membuat ongkos juga jadi naik," ujar Inem.


Harga telur ayam juga naik dari Rp25 ribu menjadi Rp27 ribu per kg. Sedangkan untuk harga cabai terpantau mengalami penurunan.


Cabai merah keriting turun menjadi Rp36 ribu dari yang sebelumnya Rp40 ribu per kg. Cabai hijau turun menjadi Rp30 ribu dari yang sebelumnya Rp32 ribu per kg.


Sementara harga cabai merah masih stabil di angka Rp50 ribu per kg dan cabai rawit merah Rp40 ribu per kg. Kemudian untuk bawang merah dan bawang putih stabil di angka Rp40 ribu per kg.

Lebih baru Lebih lama